5 Kecamatan Ini Resmi Tinggalkan Kalbar Demi Masuk Provinsi Baru Pemekaran! Jangan Heran, Delta Pawan Timur

5 Kecamatan Ini Resmi Tinggalkan Kalbar Demi Masuk Provinsi Baru Pemekaran! Jangan Heran, Delta Pawan Timur

daerah-pranata-haro/unplash-

Kota Ketapang dan calon pemekaran Provinsi Kalimatan Barat 

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) sedang aktif mengusulkan pemekaran wilayah dengan membentuk dua provinsi baru, yakni Provinsi Kapuas Raya dan Provinsi Ketapang.

Walaupun moratorium Daerah Otonom Baru (DOB) masih berlaku, usulan ini muncul dengan tujuan utama, yaitu meningkatkan pemerataan pembangunan di wilayah tersebut.


mg1

Langkah pemekaran wilayah ini diusulkan sebagai solusi untuk mencapai pemerataan pembangunan di Provinsi Kalimantan Barat.

Kendati moratorium DOB masih menjadi halangan, pemerintah daerah optimis bahwa alasan kuat untuk mencabut moratorium tersebut bisa diberikan dengan adanya pemekaran wilayah.

Diharapkan, pemekaran ini dapat mempercepat proses pembangunan di daerah yang masih tertinggal.


mg2

×

Baca juga: Kapan Hari Ayah Nasional 12 November 2023 serta Perbedaan dengan Hari Ayah Sedunia

Baca juga: Cara Beli Tiket Konser Musik Lazada Fest 12.12 Jakarta Surabaya Makassar, Ada Red Velvet, SHINee’s KEY Deretan Musisi Hits Tanah Air

Profil Kecamatan Delta Pawan Barat dan Timur, serta Benua Kayong Barat dan Timur:

Kecamatan Delta Pawan Barat: Meliputi Desa Suka Bungin, Desa Paya Kumang, Desa Kali Nilam, dan Desa Suka Bangun Dalam.

Kecamatan Delta Pawan Timur: Melibatkan Kelurahan Kantor, Kelurahan Mulia Baru, Kelurahan Tengah, Kelurahan Sampir, dan Kelurahan Sukaharja.

Kecamatan Benua Kayong Barat: Terdiri dari Desa Suka Baru, Desa Baru, Desa Kinjil, Desa Kauman, Desa Kinjil Pesisir, dan Desa Banjar.

Kecamatan Benua Kayong Timur: Melibatkan Desa Mekar Sari, Desa Negeri Baru, Desa Padang, Desa Tuan Tuan, dan Desa Mulia Kerta.

Dengan jumlah penduduk mencapai 138.008 jiwa, Kota Ketapang berbatasan dengan calon daerah Kabupaten Tumbang Titi di sebelah utara, timur, dan selatan, serta Selat Karimata di sebelah barat.

Baca juga: Hasil Piala Dunia U-17 2023: Timnas Inggris U-17 Tekuk Kaledonia Baru 10 Gol Tanpa Balas

Baca juga: Miliki Prinsip Jer Basuki Mawa Beya! Intip Begini Profil Provinsi Baru Pemekaran Jawa Timur Dekat Jembatan Suramadu

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya

vidstr