Kapan Hari Ayah Nasional 12 November 2023 serta Perbedaan dengan Hari Ayah Sedunia

Kapan Hari Ayah Nasional 12 November 2023 serta Perbedaan dengan Hari Ayah Sedunia

Ilustrasi ayah dan anak--

Hari Ayah dirayakan dua kali dalam setahun, memberikan dua kesempatan untuk menghormati peran para ayah.

Tanggal 12 November di Indonesia ditandai sebagai Hari Ayah Nasional, sedangkan di tingkat global, Hari Ayah Sedunia dirayakan setiap hari Minggu ke-3 di bulan Juni.


mg1

Meskipun belum sepopuler Hari Ibu, Hari Ayah tetap memiliki makna yang mendalam dalam konteks keluarga. Peringatan ini memberikan kesempatan untuk menghargai jasa-jasa ayah dalam mendukung dan memimpin keluarga.

Baca juga: Film ManSuang Viral dan Sukses, Aktor Mile Phakphum Tepis Isu Suka Sesama Jenis

Baca juga: Cara Beli Tiket Konser Musik Lazada Fest 12.12 Jakarta Surabaya Makassar, Ada Red Velvet, SHINee’s KEY Deretan Musisi Hits Tanah Air


mg2

×

Hari Ayah Nasional di Indonesia diperingati sejak tahun 2006 berkat inisiatif paguyuban Satu Hati, Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Pada awalnya, PPIP mengadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu di Solo pada tahun tersebut.

Setelah mendapat respons positif, para peserta berharap ada perayaan serupa untuk ayah. Pada 12 November, PPIP mendeklarasikan Hari Ayah untuk Indonesia, menjadikan tanggal tersebut sebagai Hari Ayah Nasional. Pencapaian serupa juga terjadi di Maumere, Flores, NTT.

Hari Ayah Nasional bertujuan untuk menghargai dan menghormati peran serta jasa seorang ayah, dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya kehadiran ayah bagi keluarga.

Sementara itu, Hari Ayah Sedunia berasal dari tradisi Amerika Serikat yang dimulai pada 19 Juni 1910.

Sonora Smart Dodd, seorang wanita dari Spokane, mengusulkan ide ini untuk menghormati ayahnya, mirip dengan Hari Ibu. Peringatan ini pertama kali ditetapkan pada 19 Juni 1910, meskipun awalnya Sonora berusaha merayakan pada 5 Juni, sesuai dengan ulang tahun ayahnya.

Perbedaan utama antara Hari Ayah Nasional dan Hari Ayah Sedunia adalah pada tanggal pelaksanaan.

Hari Ayah Nasional dirayakan setiap 12 November, sedangkan Hari Ayah Sedunia jatuh pada hari Minggu ke-3 di bulan Juni. Meskipun waktunya berbeda, esensi perayaan tetap sama di seluruh dunia, yaitu memberikan penghormatan dan ucapan terima kasih kepada para ayah.

Lebih dari 75 negara, termasuk AS, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, dan Hong Kong, merayakan Hari Ayah dengan memberikan hadiah kepada ayah dan melibatkan kegiatan kekeluargaan sesuai dengan budaya masing-masing negara.

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya

vidstr