5 Kecamatan Ini Resmi Tinggalkan Kalbar Demi Masuk Provinsi Baru Pemekaran! Jangan Heran, Delta Pawan Timur

5 Kecamatan Ini Resmi Tinggalkan Kalbar Demi Masuk Provinsi Baru Pemekaran! Jangan Heran, Delta Pawan Timur

daerah-pranata-haro/unplash-

Kabupaten baru di Kalimantan Barat 

Kabupaten Jelai Kendawangan Raya:

Hasil pemekaran dari Kabupaten Ketapang, Kabupaten Jelai Kendawangan Raya terdiri dari 6 kecamatan dan 90 desa. Dengan luas wilayah mencapai 12.309 kilometer persegi dan jumlah penduduk 161.480 jiwa, batas wilayahnya melibatkan sebelah utara dengan calon daerah Kabupaten Tumbang Titi, sebelah timur dengan Provinsi Kalimantan Tengah, sebelah selatan dengan Provinsi Kalimantan Tengah dan Laut Jawa, serta sebelah barat dengan Selat Karimata.


mg1

Kabupaten Tumbang Titi:

Sebagai hasil pemekaran Kabupaten Ketapang, Kabupaten Tumbang Titi terdiri dari 7 kecamatan dan 87 desa dengan luas wilayah mencapai 6.518 kilometer persegi dan jumlah penduduk 167.035 jiwa. Batas wilayahnya melibatkan sebelah utara dengan calon daerah Kabupaten Hulu Aik dan Kabupaten Kayong Utara, sebelah timur dengan Provinsi Kalimantan Tengah dan calon daerah Kabupaten Jelai Kandawangan, sebelah selatan dengan calon daerah Kabupaten Jelai Kandawangan Raya, serta sebelah barat dengan Kota Ketapang dan Selat Karimata.

Kabupaten Hulu Aik:


mg2

×

Terdiri dari 5 kecamatan dan 65 desa, Kabupaten Hulu Aik memiliki luas wilayah 12.338 kilometer persegi dan jumlah penduduk 113.404 jiwa. Batas wilayahnya melibatkan sebelah utara dengan Provinsi Kalbar (daerah induk) dan calon daerah Provinsi Kapuas Raya, sebelah timur dengan calon daerah Provinsi Kapuas Raya, sebelah selatan dengan calon Kabupaten Tumbang Titi dan Provinsi Kalimantan Tengah, serta sebelah barat dengan Kabupaten Kayong Raya

***

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya

vidstr