RUMOR 3 Kabupaten Baru di Kota Ketapang Calon Provinsi Baru Kalbar, Bikin Geger! Hulu Aik dan Tumbang Titi Bakal Calon Daerah Terkaya?

RUMOR 3 Kabupaten Baru di Kota Ketapang Calon Provinsi Baru Kalbar, Bikin Geger! Hulu Aik dan Tumbang Titi Bakal Calon Daerah Terkaya?

daerah- Makalu/pixabay-

RUMOR 3 Kabupaten Baru di Kota Ketapang Calon Provinsi Baru Kalbar, Bikin Geger! Hulu Aik dan Tumbang Titi Bakal Calon Daerah Terkaya?

Kota Ketapang, sebagai salah satu calon Daerah Otonom Baru (DOB) di Provinsi Ketapang, mengalami pergantian nama dari Kabupaten Ketapang setelah mengalami proses pemekaran daerah.


mg1

Dengan luas wilayah mencapai 423 kilometer persegi, Kota Ketapang terdiri dari 2 kecamatan yang awalnya berasal dari Kabupaten Ketapang, yaitu Kecamatan Delta Pawan dan Kecamatan Benua Kayong.

Meskipun masih dalam tahap pemekaran, rencananya Kota Ketapang akan melakukan pemekaran kecamatan lebih lanjut untuk memenuhi syarat sebagai kota otonom.

Baca juga: CEK 6 Kecamatan Terlibat Masuk Provinsi Baru Pemekaran Sumatera Utara Paling Fenomenal, Jangan Kaget! Kabupaten Ini Bakal Segera Dibentuk


mg2

×

Baca juga: KLAIM SEKARANG Kode Redeem Game Aku Si Juragan Empang Hari Ini 8 9 20 Desember 2023 Kejutan Menanti

Baca juga: GAS BACA KOMIK Lookism Chapter 478 479 Bahasa Indonesia, Webtoon Lookism 478 Bahasa Indonesia Eng Raw

Baca juga: BACA SEKARANG Eleceed 274 Bahasa Indonesia, CEK UPDATE Eleceed Full Episode TERBARU DISINI

 

Kecamatan baru di Kota Ketapang 

Profil Kecamatan Delta Pawan Barat dan Timur, serta Benua Kayong Barat dan Timur:

Kecamatan Delta Pawan Barat: Meliputi Desa Suka Bungin, Desa Paya Kumang, Desa Kali Nilam, dan Desa Suka Bangun Dalam.

Kecamatan Delta Pawan Timur: Melibatkan Kelurahan Kantor, Kelurahan Mulia Baru, Kelurahan Tengah, Kelurahan Sampir, dan Kelurahan Sukaharja.

 

Kecamatan Benua Kayong Barat: Terdiri dari Desa Suka Baru, Desa Baru, Desa Kinjil, Desa Kauman, Desa Kinjil Pesisir, dan Desa Banjar.

Kecamatan Benua Kayong Timur: Melibatkan Desa Mekar Sari, Desa Negeri Baru, Desa Padang, Desa Tuan Tuan, dan Desa Mulia Kerta.

Dengan jumlah penduduk mencapai 138.008 jiwa, Kota Ketapang berbatasan dengan calon daerah Kabupaten Tumbang Titi di sebelah utara, timur, dan selatan, serta Selat Karimata di sebelah barat.

Baca juga: Hasil Piala Dunia U-17 2023: Timnas Inggris U-17 Tekuk Kaledonia Baru 10 Gol Tanpa Balas

Baca juga: Miliki Prinsip Jer Basuki Mawa Beya! Intip Begini Profil Provinsi Baru Pemekaran Jawa Timur Dekat Jembatan Suramadu

 

Kabupaten baru di Kalimantan Barat 

Kabupaten Jelai Kendawangan Raya:

Hasil pemekaran dari Kabupaten Ketapang, Kabupaten Jelai Kendawangan Raya terdiri dari 6 kecamatan dan 90 desa. Dengan luas wilayah mencapai 12.309 kilometer persegi dan jumlah penduduk 161.480 jiwa, batas wilayahnya melibatkan sebelah utara dengan calon daerah Kabupaten Tumbang Titi, sebelah timur dengan Provinsi Kalimantan Tengah, sebelah selatan dengan Provinsi Kalimantan Tengah dan Laut Jawa, serta sebelah barat dengan Selat Karimata.

Kabupaten Tumbang Titi:

Sebagai hasil pemekaran Kabupaten Ketapang, Kabupaten Tumbang Titi terdiri dari 7 kecamatan dan 87 desa dengan luas wilayah mencapai 6.518 kilometer persegi dan jumlah penduduk 167.035 jiwa. Batas wilayahnya melibatkan sebelah utara dengan calon daerah Kabupaten Hulu Aik dan Kabupaten Kayong Utara, sebelah timur dengan Provinsi Kalimantan Tengah dan calon daerah Kabupaten Jelai Kandawangan, sebelah selatan dengan calon daerah Kabupaten Jelai Kandawangan Raya, serta sebelah barat dengan Kota Ketapang dan Selat Karimata.

Kabupaten Hulu Aik:

Terdiri dari 5 kecamatan dan 65 desa, Kabupaten Hulu Aik memiliki luas wilayah 12.338 kilometer persegi dan jumlah penduduk 113.404 jiwa. Batas wilayahnya melibatkan sebelah utara dengan Provinsi Kalbar (daerah induk) dan calon daerah Provinsi Kapuas Raya, sebelah timur dengan calon daerah Provinsi Kapuas Raya, sebelah selatan dengan calon Kabupaten Tumbang Titi dan Provinsi Kalimantan Tengah, serta sebelah barat dengan Kabupaten Kayong Raya

***

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya

vidstr