Gak Cuma Mickey Mouse! 8 Karakter Kartun Ikonik Ini Hak Ciptanya Akan Beralih Jadi Milik Publik

Gak Cuma Mickey Mouse! 8 Karakter Kartun Ikonik Ini Hak Ciptanya Akan Beralih Jadi Milik Publik

Gak Cuma Mickey Mouse! 8 Karakter Kartun Ikonik Ini Hak Ciptanya Akan Beralih Jadi Milik Publik-pexel-

Gak Cuma Mickey Mouse! 8 Karakter Kartun Ikonik Ini Hak Ciptanya Akan Beralih Jadi Milik Publik

Berita mengenai kehilangan hak cipta atas karakter ikonik, Mickey Mouse, oleh The Walt Disney Company, telah mengejutkan masyarakat karena keberadaan sosok tersebut yang begitu erat terkait dengan perusahaan tersebut.


mg1

Setelah sebelumnya karakter Winnie The Pooh menjadi properti publik pada tahun 2022, kini giliran 'Steamboat Willie,' yang merupakan inkarnasi orisinal pertama dari Mickey Mouse oleh Disney, resmi memasuki domain publik pada tanggal 1 Januari 2024.

Baca juga: Bukan Di Jatibarang Atau Sirampog Pemenangnya, Tapi Kecamatan X, 5 Kecamatan Tersepi Di Berebes

Diciptakan pada tahun 1928, masa berlaku hak cipta untuk animasi orisinal karya Disney tersebut berakhir setelah melewati periode 95 tahun sejak kali pertama dipertontonkan.


mg2

×

Hal ini berarti bahwa desain awal yang menggambarkan tikus menggemaskan ini kini dapat digunakan oleh siapa pun, namun perlu diingat bahwa keistimewaan ini hanya berlaku untuk versi awal Mickey Mouse, bukan versi terbaru yang masih dilindungi hak cipta.

Baca juga: Pemekaran Kabupaten Malang Jawa Timur, Siap-siap Jadi Provinsi Keren dan Bakal Jadi Kota Paling Hits dan Kekinian!

Baca juga: Tidak Kalah Dengan Puma Dan Adidas, 16 Rekomendasi Sepatu Jogging Dari Brand Lokal Yang Keren Dan Terjangkau

Baca juga: Catet Tanggal Rilis The Boys Season 4, Siap-siap Seru Bareng Superhero Anti-Mainstream!

Penting untuk memahami bahwa ketentuan hak cipta bervariasi antar negara, termasuk di Amerika Serikat. Sebagaimana dijelaskan oleh Fast Company, peraturan hak cipta di AS dapat menjadi hal yang rumit.

Masa berlaku hak cipta selama 95 tahun berlaku untuk karya intelektual yang diciptakan sebelum tahun 1978. Namun, bagaimana dengan karya yang muncul setelah tahun tersebut?

lanjutan,

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr