Mengulik Sejarah Jembatan Pacongkang, yang jadi Jembatan Pelengkung Terpanjang di wilayah Sulawesi Selatan dengan Mengadopsi Teknologi Canggih Luar Negeri

Mengulik Sejarah Jembatan Pacongkang, yang jadi Jembatan Pelengkung Terpanjang di wilayah Sulawesi Selatan dengan Mengadopsi Teknologi Canggih Luar Negeri

jembatan-Kanenori/pixabay-

Jembatan lama dianggap tidak lagi aman untuk penggunaan rutin, mendorong Pemerintah Provinsi Sulsel untuk menggelontorkan dana sebesar Rp75 miliar guna membangun jembatan baru dengan teknologi canggih.

Jembatan yang terletak di Kampiri, Kecamatan Citta, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, ini dinamakan Jembatan Andalan Pacongkang.


mg1

Baca juga: SPOILER dan Nonton The Last Immortal Episode 30 dan 31 Sub Indo Full HD di WeTV Bukan Loklok, Bocoran Link dan Sinopsis hingga Jadwal Streaming Terbaru: A Yin Mengabaikan Gu Jin!

Proses pembangunannya dimulai sejak tahun 2020 dan diresmikan oleh Gubernur Sulsel saat itu, Andi Sudirman Sulaiman, pada Agustus 2023.

Jembatan Andalan Pacongkang adalah jembatan tipe pelengkung baja dengan panjang bentang bagian tengah mencapai 128 meter.


mg2

×

Lebar jembatan ini mencapai tujuh meter, dengan panjang bentang kiri dan kanan masing-masing 25 meter.

Selain itu, trotoar setiap sisi sepanjang satu meter turut melengkapi struktur jembatan, memberikan ruang aman bagi pejalan kaki.

Penting untuk dicatat bahwa pembangunan Jembatan Andalan Pacongkang tidak hanya mengutamakan ketangguhan struktural, tetapi juga menerapkan teknologi Lead Rubber Bearing (LRB).

Baca juga: Tempat Healing Terbaru di Kabupaten Langkat dengan View Indah dan Sungai Jernih, Daru Pusat Kota Medan Cuma 45 Km

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr