Terbongkar! Rahasia 3 Nama Kota Menarik di Jawa Barat yang Ternyata Tersembunyi dalam Kepanjangannya

Terbongkar! Rahasia 3 Nama Kota Menarik di Jawa Barat yang Ternyata Tersembunyi dalam Kepanjangannya

daerah-tom-fisk/pexels-

Mbah Raden Wujud memilih untuk menetap dan mendirikan padepokan untuk menyebarkan agama Islam.

Seiring waktu, padepokan ini berkembang menjadi sebuah perkampungan yang akhirnya dikenal dengan nama Depok, berasal dari kata "padepokan." Kisah perjalanan Depok dari padepokan ke kota berkembang memberikan sentuhan magis pada namanya.


mg1

Cirebon, kota yang kaya akan tradisi dan kuliner lezat, memiliki asal-usul nama yang mencerminkan kehidupan masyarakatnya pada masa lalu.

Menurut sumber resmi, masyarakat Cirebon dahulu banyak bekerja sebagai nelayan. Mereka tidak hanya menangkap ikan, tetapi juga rebon (udang kecil) yang digunakan untuk membuat berbagai hidangan khas seperti terasi, petis, dan garam.

Asal-usul nama "Cirebon" sendiri berasal dari kata "Cai," yang berarti air, dan "Rebon," merujuk pada udang kecil.


mg2

×

Baca juga: Jejak Sejarah Singkawang! Detektif Nama Daerah Ungkap 3 Asal-Usul Pemberian Julukan Wilayah di Kalimantan Barat, Tebak Terunik Siapa?

Baca juga: Profil dan Tampang Dua Bocil Asal Madura yang Nekat ke Jakarta Naik Motor Tanpa Helm dan Spion Hingga Hanya Modal Uang 100 Ribu, Lengkap: Umur, Agama dan Akun IG

Nama ini mencerminkan hubungan erat antara masyarakat Cirebon dengan laut dan hasil tangkapannya. Bagaimana kisah nelayan dan kelezatan kuliner menciptakan identitas unik bagi kota Cirebon?

Dengan menyingkap misteri di balik nama-nama kota ini, kita tidak hanya melihat peta geografis, tetapi juga merenung pada jejak sejarah dan kehidupan masyarakat yang kental terasa di setiap sudutnya.

Jawa Barat, dengan segala keunikan dan keindahannya, terus memukau kita dengan cerita-cerita menarik dari masa lalu yang tersembunyi dalam nama-nama kotanya.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr