Terbongkar! Rahasia 3 Nama Kota Menarik di Jawa Barat yang Ternyata Tersembunyi dalam Kepanjangannya

Terbongkar! Rahasia 3 Nama Kota Menarik di Jawa Barat yang Ternyata Tersembunyi dalam Kepanjangannya

daerah-tom-fisk/pexels-

Terbongkar! Rahasia 3 Nama Kota Menarik di Jawa Barat yang Ternyata Tersembunyi dalam Kepanjangannya, Terakhir Paling Unik!

Pulau Jawa Barat menyimpan sejuta cerita, termasuk asal-usul nama-nama kota yang mungkin belum banyak diketahui. Mari kita gali lebih dalam ke dalam kisah menarik di balik tiga kota di Jawa Barat: Bogor, Depok, dan Cirebon.


mg1

Bogor, kota yang dikenal dengan udaranya yang sejuk dan Kebun Raya Bogor, ternyata memiliki asal-usul nama yang menarik. Ada beberapa teori menarik yang mencoba menjelaskan asal kata "Bogor."

Baca juga: Lebih Dekat dengan Bogor? Mengungkap Misteri Asal Usul Nama Kota Depok: Kisah Unik di Balik Singkatan yang Menarik Perhatian, Cirebon Ahli Kelezatan Makanan?

Baca juga: Gak Nyangka! Lokasi IKN Masuk Salah Satu Daftar Daerah Terluas di Kalimantan Timur, Ternyata Miliki Julukan yang Unik Loh


mg2

×

Baca juga: Terungkap Alasan Dua Bocah Asal Madura yang Naik Motor ke Jakarta Tanpa Spion dan Helm Ternyata Modal Nekat Berbekal Keinginan Bertemu Sahabat

Menurut sebagian sumber, nama Bogor berasal dari kata "Buitenzorg," nama yang diberikan oleh Penjajah Belanda.

Namun, ada pula yang berpendapat bahwa Bogor dapat berasal dari kata "Bahai," yang berarti sapi, mengacu pada adanya patung sapi di Kebun Raya Bogor.

Sementara teori lain mengatakan bahwa Bogor mungkin berasal dari kata "Bokor," merujuk pada pohon enau (kawung) yang dulu banyak tumbuh di daerah tersebut. Misteri asal-usul nama Bogor semakin membuat kita ingin menggali lebih dalam.

Nama "Depok" ternyata memiliki akar yang menghubungkannya dengan sejarah keagamaan dan pendirian sebuah padepokan.

Beberapa sumber menyatakan bahwa Depok adalah singkatan dari "De Eerste Protestantse Organisatie van Kristenen," yang berarti jemaat kristen yang pertama.

Namun, cerita lain menyebutkan bahwa nama Depok berasal dari Mbah Raden Wujud, pengikut setia Pangeran Purba.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr