Misteri Singkawang Punya Kepanjangannya Terungkap! Intip Nama Daerah Unik di Kalimantan Barat Berasal dari Ringkasan Kata, Ini Faktanya!

Misteri Singkawang Punya Kepanjangannya Terungkap! Intip Nama Daerah Unik di Kalimantan Barat Berasal dari Ringkasan Kata, Ini Faktanya!

Kediri Rubah Status Jadi Ibu Kota Provinsi? Terkuak Alasan di Balik Wacana Pisah 13 Daerah dari Jawa Timur!-phaeng-yp/unplash-

Seiring berjalannya waktu, sebutan 'Senentang' bertransformasi menjadi 'Sintang', yang hingga kini tetap melekat sebagai identitas kabupaten ini.

  1. Kabupaten Landak: Pulau Dayak yang Menawan

Selain itu, Kabupaten Landak juga memiliki cerita unik di balik namanya. 'Landak' sendiri adalah singkatan dari 'Lan dan Dak' dalam bahasa Belanda.


mg1

Baca juga: Apa Kepanjangan Bondowoso? 3 Daerah di Jawa Timur Ini Miliki Nama Wilayah yang Unik, Ternyata Ada Asal Usul Sejarah Dibaliknya

Baca juga: Gak Nyangka! Lokasi IKN Masuk Salah Satu Daftar Daerah Terluas di Kalimantan Timur, Ternyata Miliki Julukan yang Unik Loh

'Lan' berarti pulau, sedangkan 'Dak' berarti Dayak. Nama ini mengacu pada mayoritas penduduk asli di wilayah ini, yang merupakan Suku Dayak.


mg2

×

Dengan menggali lebih dalam tentang arti dan asal-usul nama-nama daerah ini, kita dapat lebih menghargai kekayaan sejarah dan budaya yang ada di Kalimantan Barat.

Setiap nama memiliki cerita dan makna tersendiri, menambah pesona dan keunikannya masing-masing.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr