DKI Jakarta dan Jawa Barat Sepakat Buat Provinsi Baru Gabungan Dua Wilayah, Namanya Penuh Makna! 8 kabupaten Ini Pilih Masuk Wilayah Baru

DKI Jakarta dan Jawa Barat Sepakat Buat Provinsi Baru Gabungan Dua Wilayah, Namanya Penuh Makna! 8 kabupaten Ini Pilih Masuk Wilayah Baru

daerah-pexels-life-

Pendukung penggabungan, seperti Ketua DPD Golkar, Dedi Mulyadi, menyoroti hubungan historis antara Jakarta dan Jawa Barat.

Jakarta, yang dahulu dikenal sebagai Sunda Kelapa, ternyata merupakan pusat perdagangan bagi Kerajaan Padjajaran di Jawa Barat.


mg1

Kerajaan Padjajaran, yang merupakan kerajaan Hindu, memiliki pusat pemerintahan di Bogor, yang dulunya dikenal sebagai Pakuan.

Meskipun usulan penggabungan ini sudah menjadi wacana sejak tahun 2019, namun hingga saat ini belum ada kejelasan apakah akan direalisasikan atau tidak. Sebaliknya, usulan yang lebih nyata adalah pemekaran Jawa Barat itu sendiri.

DPRD Jawa Barat dan Pemprov Jabar telah menyetujui tiga Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) pada tahun 2020, yaitu Kabupaten Bogor Barat, Kabupaten Garut Selatan, dan Kabupaten Sukabumi Utara.


mg2

×

Pemekaran ini juga melibatkan tiga CDPOB lainnya pada tahun 2022, seperti Kabupaten Garut Utara, Kabupaten Tasikmalaya Selatan, dan Kabupaten Cianjur Selatan.

Baca juga: 10 Rekomendasi Ucapan Hari Guru Untuk Anak TK dan SD Menyentuh Hati Banget Buat Nuansa Hangat di Hari Guru Nasional Semakin Terasa

Baca juga: NGERI Banget! Menjelajahi Keindahan Misterius Sumur Jalatunda, Konon Sumur Raksasa di Dataran Tinggi Dieng Penuh Mitos Pengabulan Permintaan?

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr