Miliki Prinsip Jer Basuki Mawa Beya! Intip Begini Profil Provinsi Baru Pemekaran Jawa Timur Dekat Jembatan Suramadu

Miliki Prinsip Jer Basuki Mawa Beya! Intip Begini Profil Provinsi Baru Pemekaran Jawa Timur Dekat Jembatan Suramadu

Kota -tyler-nix/unplash-

Kabupaten potensial jadi provinsi Baru Jawa Timur 

Jawa Timur, provinsi yang terletak di antara 11100 Bujur Timur – 11404’ Bujur Timur dan 70 12’Lintang Selatan – 8048”Lintang Selatan, tengah merancang peta masa depannya.

Wilayah ini meliputi daratan Jawa Timur (88,70% atau 42.541 km2) dan Kepulauan Madura (11,30% atau 5.422 km2), dengan populasi mencapai 37.476.757 jiwa pada tahun 2010 dan administratif terbagi menjadi 29 kabupaten dan 9 kota, dengan Surabaya sebagai ibukotanya.


mg1

Dengan letak geografis yang strategis, Jawa Timur menawarkan tantangan dan peluang.

Administratif, provinsi ini terbagi dalam empat Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil), yang masing-masing mencakup sejumlah kabupaten dan kota.

Selain itu provinsi ini juga berpotensi menjadi salah satu wilayah besar yang mana tergolong beberapa daerahnya masuk dalam wilayah yang mana tergolong kabupaten besar di Jawa Timur. 


mg2

×

Struktur pemerintahan Jawa Timur mencakup berbagai elemen seperti Sekretariat Daerah, DPRD, Dinas, Inspektorat, Badan, Lembaga Teknis Daerah, Lembaga Lain, dan Rumah Sakit Daerah.

Provinsi ini menonjol dalam sektor industri dan perdagangan, didukung oleh keberagaman suku dan kekayaan budaya, termasuk warisan seni Reog dan Ludruk yang terkenal.

Banyaknya faktor dukungan tersebut membuat Jawa Timur menjadi salah satu provinsi yang saat ini mencapai target dan kualifikasi untuk lakukan pemekaran. 

Baca juga: Cara Beli Tiket Konser Musik Lazada Fest 12.12 Jakarta Surabaya Makassar, Ada Red Velvet, SHINee’s KEY Deretan Musisi Hits Tanah Air

Baca juga: Film ManSuang Viral dan Sukses, Aktor Mile Phakphum Tepis Isu Suka Sesama Jenis

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya

vidstr