Bandung Ketar-ketir! Kabupaten Ini Mantap Bakal Jadi Calon Ibu Kota Baru Pemekaran Jawa Barat, Kekayaanya Bisa Capai Rp 9 Milliar

Bandung Ketar-ketir! Kabupaten Ini Mantap Bakal Jadi Calon Ibu Kota Baru Pemekaran Jawa Barat, Kekayaanya Bisa Capai Rp 9 Milliar

daerah-neermana/unplash-

Pemilihan Nama Provinsi Pakuan Bhagasasi

Dalam gelombang wacana pemekaran provinsi di Indonesia, beberapa daerah berkolaborasi untuk membentuk provinsi-daerah otonomi baru.

Sorotan utama jatuh pada munculnya Provinsi Pakuan Bhagasasi, sebuah inisiatif yang diusulkan oleh Walikota Bekasi, Rahmat Effendi, sebagai alternatif yang lebih cocok dibandingkan Provinsi Bogor Raya.


mg1

Mari kita telusuri lebih lanjut alasan di balik usulan provinsi baru ini.

Rencana Pembentukan Provinsi Pakuan Bhagasasi

Kelima kabupaten dan kota yang bersiap bergabung dalam Provinsi Pakuan Bhagasasi adalah Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Cianjur. Ibukota Provinsi Pakuan Bhagasasi direncanakan berada di Kota Bekasi, dengan mempertimbangkan aspek sejarah.

Pemekaran Kabupaten Cianjur


mg2

×

Kabupaten Cianjur, yang terlalu luas dengan jumlah penduduk yang besar, juga menjadi fokus dalam wacana pemekaran. Muncul rencana pembentukan Kabupaten Cianjur Selatan dan Kota Cipanas sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Rencana Pembentukan Kabupaten Cianjur Selatan

Sebanyak 14 kecamatan menyatakan kesiapan untuk bergabung dalam Kabupaten Cianjur Selatan. Kecamatan Sindangbarang dipilih sebagai rencana ibukota Kabupaten Cianjur Selatan.

Baca juga: Meski Punya Penduduk Paling Sedikit, Kabupaten Pacitan Tidak Menutup Kindahan dan Pesona Destinasi Wisata Menariknya, Berikut Detailnya! 

Baca juga: Pabrik Emas Terbesar di Jawa TImur Berdana Rp 36 Milliar Buat Wilayahnya Pantas Lakukan Pemekaran Wilayah Jatim, Ibu Kota Surabaya Kegusur?

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr