Berkembang atau Terbelah? Usulan Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat Mengundang Pertanyaan, Kapuas Raya dan Ketapang Bersiap Membentuk Era Baru?

Berkembang atau Terbelah? Usulan Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat Mengundang Pertanyaan, Kapuas Raya dan Ketapang Bersiap Membentuk Era Baru?

daerah-tom-fisk/pexels-

Kini, Kota Ketapang terdiri dari dua kecamatan, yaitu Kecamatan Delta Pawan dan Kecamatan Benua Kayong, yang sebelumnya merupakan bagian dari Kabupaten Ketapang.

Meski masih dalam tahap awal, Kota Ketapang memiliki rencana ambisius untuk terus memperluas wilayah otonomnya.


mg1

Langkah ini bukan hanya untuk memenuhi syarat menjadi kota otonom, tetapi juga sebagai respons terhadap dinamika perkembangan lokal yang semakin kompleks.

Pentingnya pemekaran wilayah tidak hanya terfokus pada upaya pemerataan pembangunan. Ini juga menjadi langkah strategis dalam menanggapi perkembangan dinamis di tingkat lokal.

Baca juga: Perubahan Lagi! Kabupaten dan Kota Baru di Banten Dari Usulan Hingga Antisipasi Masa Depan, Kabupaten Cilangkahan Masuk Pemekaran?


mg2

×

Baca juga: Wacana Membangun Lebih Banyak Pemekaran, 5 Daerah Menarik sebagai Calon Kabupaten dan Kota Baru di Banten, Simak Potensinya!

Kota Ketapang, sebagai contoh DOB di Provinsi Ketapang, menjanjikan progres signifikan bagi masyarakatnya. Pemekaran ini tidak hanya tentang administrasi, melainkan juga semangat untuk mengoptimalkan potensi pembangunan di setiap sudut daerah.

Dengan langkah ini, Kapuas Raya dan Ketapang bersiap untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah dan mandiri di pulau Kalimantan.

Pemekaran wilayah menjadi bagian dari sejarah baru yang akan mencatat prestasi dalam pembangunan daerah di Indonesia.

***

Editor: Riani Dwi Ningsih
TAG:
Sumber:

Berita Lainnya

vidstr