Apa Kepanjangan dari Kalimantan? Benarkah Asalnya dari 2 Singkatan Kata? Yuk Intip Pesonanya Bareng 4 Wilayah yang Tersisa

Apa Kepanjangan dari Kalimantan? Benarkah Asalnya dari 2 Singkatan Kata? Yuk Intip Pesonanya Bareng 4 Wilayah yang Tersisa

Ngelawak Banget! 5 Nama Desa Kocak di Jawa Timur Ada yang Bikin Pengen Langsung Cuss Kesana! Jombang, Lamongan Sampai Magetan Ngikut-realworkhard/pixabay-

Profil Pulau Kalimantan

Sebagai pulau terbesar, Pulau Kalimantan terbagi administratif menjadi lima provinsi yang masing-masing memiliki daya tariknya sendiri.


mg1

Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat menciptakan mozaik keberagaman yang membanggakan.

Baca juga: 7 Kuliner Ekstrim Versi Indonesia, Ada Cairan Merah Sampai Hewan Malam, Berani Coba?

Asal-usul Nama Kalimantan


mg2

×

Tapi, mengapa Kalimantan disebut-sebut memiliki kepanjangan? Nama ini ternyata berasal dari kata Sanskrit Kalamanthana, yang memiliki arti "pulau bercuaca terbakar."

Terdiri dari dua kata, yakni kal[a] yang berarti "masa, musim, waktu," dan manthan[a] yang bermakna "mendidih, memusing, membakar."

Makna dari kata-kata ini menggambarkan Pulau Kalimantan sebagai tempat dengan suhu panas yang menjelaskan iklim tropikalnya yang panas dan lembap.

Sebuah nama yang mencerminkan karakteristik uniknya.

Baca juga: Binatang Malam Temannya Batman Dijadikan Makanan Istimewa Di Daerah Ini, Hidangan Apa Itu?

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr