Pemekaran Kota Lembang Bakal Ajak 5 Kecamatan Ini Keluar dari Bandung Barat! Gak Nyangka, Wilayah Ini Bisa Jadi Saingan Berat Bogor?

Pemekaran Kota Lembang Bakal Ajak 5 Kecamatan Ini Keluar dari Bandung Barat! Gak Nyangka, Wilayah Ini Bisa Jadi Saingan Berat Bogor?

daerah-tom=fejer/unplash-

Usulan Pembentukan Kota Lembang

Pemekaran terbaru mencuat dengan usulan mendirikan Kota Lembang sebagai daerah otonomi baru di Kabupaten Bandung Barat. Usulan ini bukan semata-mata berdasarkan pertimbangan administratif, melainkan juga didukung oleh pertimbangan jumlah penduduk dan distribusi desa. Dengan populasi Provinsi Jawa Barat yang mencapai lebih dari 50 juta jiwa, usulan ini menjadikan pemekaran sebagai langkah yang semakin tak terhindarkan.


mg1

Potret Penduduk dan Wilayah

Meskipun Provinsi Jawa Barat memiliki populasi yang signifikan, jumlah kabupaten dan kota masih jauh dari ideal. Sebagai perbandingan, Provinsi Jawa Timur dengan populasi 38 juta jiwa memiliki 29 kabupaten dan 9 kota, sementara Provinsi Jawa Tengah dengan populasi 35 juta jiwa memiliki 29 kabupaten dan 6 kota. Dalam konteks ini, pemekaran Kabupaten Bandung Barat menjadi Kota Lembang dianggap sebagai langkah yang krusial.

Baca juga: Wacana Membangun Lebih Banyak Pemekaran, 5 Daerah Menarik sebagai Calon Kabupaten dan Kota Baru di Banten, Simak Potensinya!


mg2

×

Baca juga: Alasan Pembentuk Provinsi Kepulauan Nias Disebabkan Hal Ini, unik! Latar Belakang dan Geografis Daerah Jadi Hal Utama

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya

vidstr