Wong Jawa Tengah Belum Banyak yang Tau! 5 Daerah ini Ternyata Namanya Berasal dari SIngkatan, Ada Kudus Hingga Kebumen Artinya Apa?

Wong Jawa Tengah Belum Banyak yang Tau! 5 Daerah ini Ternyata Namanya Berasal dari SIngkatan, Ada Kudus Hingga Kebumen Artinya Apa?

desa-dimitrisvetsikas1969/pixabay-

2. Klaten: Dari 'Kelathi' hingga Klaten

Klaten, nama yang memiliki cerita menarik. Kata ini berasal dari ‘kelathi’, yang awalnya mengacu pada buah bibir.


mg1

Namun, seiring berjalannya waktu, pelafalan berubah menjadi Klaten.

Ada pula versi yang menyebutkan bahwa nama Klaten berasal dari ‘Mlathi’ atau merujuk pada seorang kyai terkemuka di daerah tersebut.

Baca juga: Panjangnya 382 Meter, Sumatera Utara Punya Jembatan yang Baru Berumur 4 Tahun, Sayang Banget Lokasinya Sangat Jauh dari Ibukota Medan


mg2

×

3. Kebumen: Tempat Tinggal Kyai Bumi

Kebumen memiliki asal-usul yang menarik, berasal dari kata ‘kabumian’ yang berarti tempat tinggal dari Kyai Bumi.

Sebuah nama yang mencerminkan sejarah dan keberadaan tokoh agama di daerah ini.

4. Banyumas: Air Layaknya Emas

Banyumas, daerah dengan nama unik yang berasal dari gabungan dua kata, ‘banyu’ yang berarti air, dan ‘mas’ yang berarti emas.

Nama ini diberikan oleh seorang pemuda asal Roma yang menyaksikan penduduk daerah ini mengatakan bahwa 'rega banyu kaya mas' atau harga air sebanding dengan emas.

Baca juga: Penyebab Kecelakaan KA Turangga dan KA Lokal Bandung Buat Warganet Mengingat Kembali Tragedi Kelam Soal Tabrakan Bintaro, Begini Kronologi Adu Banteng hingga Tewaskan Sejumlah Orang

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr