Disiapkan Sejak Dini, Pemekaran Kalimantan Utara Bentuk Tata Kelola Terbaik untuk Persiapan Pisah dengan Wilayah Lainnya, Apa Benar Bentu Daerah Baru?

Disiapkan Sejak Dini, Pemekaran Kalimantan Utara Bentuk Tata Kelola Terbaik untuk Persiapan Pisah dengan Wilayah Lainnya, Apa Benar Bentu Daerah Baru?

daerah-wolfgangvogt_lb/pixabay-

Bumi Dayak Perbatasan

Dengan pusat di Sebuku, yang masuk dalam Kabupaten Nunukan, CDOB ini mencakup Sebuku, Tulin Onsoi, Lumbis, Lumbis Ogong, Sembakung, dan Sembakung Atulai.


mg1

Langkah ini tidak hanya akan merubah peta administratif, tetapi juga membuka peluang baru dalam sektor pariwisata dan perdagangan di wilayah perbatasan.

Baca juga: 3 Cafe di Kota Malang jadi Rekomendasi Kaum Muda Mudi, Endul Buat Nongkrong Sambil Cari Inspirasi saat Kempul Bareng Temen, Ini Lokasinya!

Baca juga: Seputar Jawa Timur! Daftar 6 Rekomendasi Wisata Malam di Kota Batu, Ternyata Begini Suasana Museum di Malam Hari, Mau Coba?


mg2

×

Krayan

CDOB ini berlokasi di Kabupaten Nunukan, melibatkan Krayan, Krayan Selatan, Krayan Barat, Krayan Tengah, dan Krayan Timur.

Pemekaran ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan kesejahteraan masyarakat pedalaman, sekaligus memperkuat identitas kultural daerah.

Sungai Kayan

Merupakan inisiatif pemekaran di Kabupaten Malinau dan Kabupaten Bulungan, mencakup Pujungan, Peso, Peso Hilir, dan Tanjung Palas Barat.

Pemekaran ini diarahkan untuk meningkatkan koordinasi pengelolaan sumber daya alam dan mendukung pengembangan infrastruktur di sepanjang Sungai Kayan.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr