Kebiasaan Makan Ganja? Simak Fakta Menarik Kota Aceh Daerah Berjuluk Serambi Mekkah

Kebiasaan Makan Ganja? Simak Fakta Menarik Kota Aceh Daerah Berjuluk Serambi Mekkah

Aceh--

Kebiasaan Makan Ganja? Simak Fakta Menarik Kota Aceh Daerah Berjuluk Serambi Mekkah

Kota Banda Aceh, sebagai kotamadya dan ibukota provinsi Aceh yang terletak di paling Utara pulau Sumatera, Indonesia, memegang peranan sentral dalam kegiatan ekonomi, politik, sosial, dan budaya.


mg1

Terdapat fakta-fakta unik yang menarik di Banda Aceh yang perlu diketahui, mulai dari sejarah hingga kuliner yang memiliki ciri khusus, seperti yang dijelaskan berikut ini.

Baca juga: BTTH Episode 72 73 SUB INDO Battle Through The Heavens Season 5 Ep 72 Subtitle Indonesia Update Lengkap

Baca juga: Sukabumi dan Cianjur Bakal Jadi Calon Daerah Terbaik yang Diprediksi Keluar Jabar Awal Tahun 2024? Begini Isu Pemekaran Jabar yang Paling Ditunggu


mg2

×

Baca juga: Samarinda Jadi Saksi Bisu Kemegahan Jembatan yang Ambruk di Kaltim, Habiskan Dana Rp 300 Trillun, Nasibnya Kini Bikin Bangga Warganya Loh

Pintu Masuk Agama Islam Pertama di Nusantara

Aceh, sebagai daerah paling Barat di gugusan kepulauan Nusantara, memiliki posisi strategis sebagai titik awal perniagaan dan pertukaran budaya antara Timur dan Barat sejak berabad-abad yang lalu.

Aceh dikenal sebagai tempat singgah bagi pedagang dari Cina, Eropa, India, dan Arab, menjadikannya tempat pertama masuknya budaya dan agama di Nusantara.

Pada abad ke-7, pedagang India memperkenalkan agama Hindu dan Buddha.

Namun, peran Aceh semakin menonjol seiring masuknya dan perkembangan agama Islam di wilayah ini, yang diperkenalkan oleh pedagang Gujarat dari jajaran Arab menjelang abad ke-9.

Dalam catatan sejarah, Aceh dianggap sebagai wilayah pertama masuknya agama Islam di Indonesia dan sebagai tempat munculnya kerajaan Islam pertama di Indonesia, yaitu Peureulak dan Pasai.

Baca juga: Hotel Terbesar di Bangka Belitung Ini Ternyata Bekas Lahan Pertanian Sarang Walet Raksasa, Siapa Sangka! Berdiri Sejak Tahun 2012 Loh 

Surganya Kopi

Aceh dikenal sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan kopi-kopinya. Berbagai jenis kopi tumbuh di Aceh dan menjadi produk andalan.

Kopi Aceh, seperti Gayo dan Ulee Kareng, tidak hanya populer di dalam negeri tetapi juga diakui secara internasional.

Saat mengunjungi Aceh, kita akan menemukan banyak warung kopi di setiap sudut kota, bahkan beberapa di antaranya buka 24 jam.

Kopi Aceh telah menjadi bagian dari kekayaan kuliner Indonesia yang patut dicicipi.

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya

vidstr