Mengupas Asal-Usul Nama Daerah di Kalimantan Tengah, Intip Lima Wilayah Menarik yang Bikin Penasaran, Kepanjangan Barito Apa Nih?

Mengupas Asal-Usul Nama Daerah di Kalimantan Tengah, Intip Lima Wilayah Menarik yang Bikin Penasaran, Kepanjangan Barito Apa Nih?

daerah-PublicDomainPictures/pixabay-

Kata 'raya' yang berarti besar, menunjukkan keagungan daerah ini. Dengan begitu, Palangkaraya bukan hanya nama, melainkan jejak sejarah yang menakjubkan.

3. Barito

Terakhir, namun tak kalah menarik, adalah Barito. Asal-usulnya terletak pada kata 'Bari' dan 'Ito.' Kisahnya menceritakan tentang orang yang mengorbankan dirinya untuk terciptanya sungai di daerah ini.


mg1

Baca juga: Gegara Bangkrut? Wisata Bali Berubah Jadi Pengalaman Menyeramkan, Ini Penyebab Tutupnya Destinasi Wisata yang Mencengangkan Itu!

Baca juga: Seindah Itukan Nusantara? Cek Daftar Tempat Wisata di Pulau Buntan yang Dianggap Jadi Primadona Kepulauan Riau, Wajib Coba Sih!

Baca juga: Pulau Dewata Punya Asal Usul? Ini Mengulas Tentang Nama Lain Daerah di Bali, Nomor 1 Sampai 3 Bikin Penasaran?


mg2

×

Sungai Barito menjadi saksi bisu pengorbanan itu dan bahkan menjadi cikal bakal penamaan daerah.

Terbagi menjadi Barito Selatan dan Barito Utara, daerah ini tidak hanya menjadi nama di peta, melainkan kisah heroik yang patut dihargai.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr